Minggu, 10 Mei 2015

Mahasiswa Pencari Muka


Statement 1 :
Mbak-mbak eh mas-mas, jadi mahasiswa ga usah ‘cari muka’. Duduk maunya di barisan paling depan, supaya dilihat dosen. Datang paling awal, pulangnya  sok belakangan. Dosen nanya, dia ngejawab mulu. Disuruh nanya, nanya yang susah-susah, akhirnya yang lain ikut pulang telat gegara dosennya ngejelasin panjang lebar.
Diajak diskusi dia doyan. Ditawarin join ke organisasi kampus, eh dijabanin. Biar populer ya ? Diajak debat dia jago. Sok pinter, sok tau, atau emang pinter tuh ? Lah, jelas aja IP-nya di atas 3. Aduh, kagum, eh pengen deh. Eh,salah. Kayaknya nge-bete-in.

Statement 2 :
     Jadi mahasiswa itu kudu aktif.  Gimana caranya ? Salah satunya, kalo nyari tempat duduk tuh paling depan. Buat apa ? Lah iya, buat apa ke kampus kalau duduknya paling belakang. Jaraknya jauh dari white board, udah gitu suara dosen serek-serek basah alias kagak kedengaran. Yang ada juga ngantuk. Belum lagi kalo  kuliah malem en mata rabun. Kalau masih bingung, ya nanya. Buat apa ? Kan ada di google. Iya sih, tapi kan kita udah punya buku berjalan, eh dosen yang cerdas maksudnya. Jelas lebih asik, bisa nanya banyak en pastinya free paket internet. Nah, intinya duduk paling depan itu memudahkan kita untuk menangkap materi yang diajarkan, lebih mudah mencatat, dan mendengar penjelasan dosen. Pulang dari kampus, kita dapet ilmu.

Kalau dosen menyebar pertanyaan en kira-kira kita tau jawabannya, ya dijawab aja. Gak usah malu, takut salah, atau takut dicap sok pinter.  Barangkali pemahaman kita keliru, atau kurang sempurna. Jadi dosen bisa ngejelasin lebih, supaya kita gak salah selamanya. Dan kembali ke jalan yang benar. Hehe. Tapi seriusan, dengan menjawab pun, lagi-lagi kita dapet ilmu. So, bukan berarti kita sok pamer ilmu. Bukan. Menjawab pertanyaan juga salah satu cara untuk mendapat jawaban yang lebih sempurna dari dosen.

Nah, yang lain-lain gak perlu dijelasin. Diskusi, debat, organisasi, itu udah makanannya mahasiswa (harusnya). Masa iya, siswa SD lebih kritis dari pada siswa maha. Eh, iya itu. Mahasiswa maksudnya. Mungkin  diskusi bagi sebagian orang termasuk hal yang konyol. Dan debat bisa jadi dianggap kegiatan adu pendapat yang ujungnya musuh-musuhan. Atau organisasi bisa aja dianggap sebagai tempat leyeh-leyeh biar tenar di kampus. Tapi, kalau mau nyelidikin orang-orang sukses di luar sana. Kebanyakan mereka adalah mahasiswa yang begituan tuh. Yang suka diskusi, debat, dan berkontribusi untuk kepentingan organisasi. Bahkan banyak yang jadi anggota DPR, ikut ngurusin rakyat. Termasuk kita. Padahal mereka itu loh yang dulunya saat masih berstatus mahasiswa dianggap mahasiswa pencari muka.

Meski begitu, kita gak boleh juga men-judge mereka-mereka yang gak melakukan hal-hal tadi gak hebat en gak bakal sukses. Gak boleh. Tiap orang punya yang namanya skill dan metode belajar masing-masing. Jadi, it’s fair kan. Kita juga ga perlu men-judge mereka-mereka yang aktif.


Tiap orang punya persepsi berbeda, bisa jadi setuju dengan statement pertama, ada juga yang lebih condong ke pendapat kedua. Atau bisa saja punya pendapat lain diluar keduanya.  Gak masalah, lagi-lagi masalah perbedaan.

Hmm, kita tentu bisa melihat bedanya. Bisa menilai. Tak perlu menilai yang jauh, cukup nilai diri sendiri. Kita termasuk (calon mahasiswa, mantan mahasiswa, dan mahasiswa) yang mana ? Tentunya kita punya  jawaban  di hati  masing-masing.

Tidak ada komentar: